Gusdurian Goes To School, Cara Gusdurian Memperkenalkan Pemikiran Gus Dur ke Siswa

0

 

RISALAH NU ONLINE, JAKARTA – Jaringan Gusdurian Jakarta telah sukses menggelar agenda terbarunya yakni Gusdurian Goes To School di SMK Santa Maria, Jakarta Pusat pada Selasa (12/12/2023).

 

 

Acara ini adalah cara Gusdurian Jakarta untuk bisa memperkenalkan spirit perjuangan maupun pemikiran Gus Dur dalam memperkenalkan nilai-nilai keberagaman kepada para siswa.

Ketua pelaksana acara Gusdurian Goes To School Annas Eka Wardhana menyampaikan dalam sambutannya, bahwa Gusdurian Goes To School adalah cara kita memberikan apresiasi dan menghidupkan semangat perjuangan Gus Dur dalam kegiatan positif.

 

“Melalui kegiatan ini adalah bentuk ekspresi bahwa kita masih memiliki semangat untuk merawat pemikiran dan perjuangan yang telah dilakukan oleh Gus Dur dalam merawat bangsa Indonesia dan memperkenalkan Gus Dur ke generasi muda,” tutur Annas.

 

 

Annas juga menegaskan bahwa sekolah adalah lembaga pendidikan sosial yang memiliki fungsi untuk memberikan pembelajaran terkait nilai-nilai dan norma di masyarakat secara luas.

“Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap bahwa keberagaman di lingkungan sekolah akan menjadi contoh bahwa meski terdapat perbedaan di kehidupan masyarakat, kita semua tetap bisa rukun dan bersatu. Sehingga penting bagi kita untuk membangun kesadaran soal inklusivitas dan kesetaraan dari sekarang,” ujar Annas.

 

 

Oleh karenanya, Gusdurian Jakarta sangat berterimakasih kepada pihak sekolah SMK Santa Maria Jakarta yang telah mau memberikan kami ruang untuk menyampaikan nilai toleransi beragama kepada para siswa.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Santa Maria Jakarta Miss Indra juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Gusdurian yang telah mau memberikan ilmu dan pengalamannya kepada para siswa SMK Santa Maria Jakarta.

“Kami senang bahwa teman-teman Gusdurian mau mengsharing mengenai nilai-nilai keberagaman kepada para siswa kami. Karena memang di sekolah kami murid-muridnya juga beragam. Tidak hanya berisikan satu latar belakang saja, ada yang Islam, Kristen, Katolik, Budha, Hindu juga,” ujar Miss Indra.

Baca Juga :   Konbes NU, Sidang Komisi-Komisi Berlangsung Hikmat 

 

 

Karena acara ini bersifat talkshow maka acara Gusdurian Goes To School dihadiri oleh panelis dengan latar belakang berbeda. Seperti Widiastithi perwakilan dari Perhimpunan Hindu Indonesia (PERADAH), Richard Gordon dari PGI, Nendyo Agung dari GEMA PAKTI, Samanta dari NSI dan Fitri dari Gusdurian Jakarta.

Acara yang bertemakan Indonesia Rumah Bersama ini bertujuan agar para siswa memiliki bekal penting tentang nilai-nilai keberagaman dalam membangun Indonesia menjadi rumah bersama bagi semua kalangan. (Anisa)

Leave A Reply

Your email address will not be published.