Sabtu 16 Desember Haul Gus Dur 14, Wujudkan Pemilu Damai ‘Amanat Ciganjur’  

RISALAH NU ONLINE – JAKARTA – Acara peringatan Haul KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ke 14 akan digelar pada Sabtu (16/12/2023) bertempat di Jl. Warung Silah, Ciganjur, Jakarta Selatan. Rencananya acara akan digelar mulai pukul 20.00 – 23.00 WIB. Haul Gus Dur kali ini mengangkat tema “Meneladani Budaya Etika Demokrasi Gus Dur”.

Pada kegiatan tersebut akan ada pembacaan ‘Amanat Ciganjur’ dari para tokoh untuk mewujudkan Pemilu Damai dan Berkualitas.

Ketua Panitia Haul Gus Dur ke 14, Inayah Wulandari Wahid, mengatakan pemilihan tema tersebut dipilih pihak keluarga sebagai upaya untuk menghadirkan inspirasi dan keteladanan Gus Dur tentang demokrasi sebagaimana yang sudah diyakini, dijalankan dan diperjuangkan Gus Dur.

“Banyak hal yang bisa dipelajari dan diperhatikan oleh penyelenggara, kontestan dan konstituen tentang bagaimana seharusnya demokrasi ditempatkan, diarahkan dan ditata orientasinya,” ujar putri bungsu Gus Dur pada Jumat, (15/12/23).

Yang paling penting diteladani dari Demokrasi ala Gus Dur adalah tentang budaya etika yang beliau pegang teguh, dijalankan dan diperjuangkan. Gus Dur, lanjut Inaya, tidak menganggap demokrasi dan pemilu sebagai prosedur dan angka-angka elektoral, tetapi memiliki kandungan mandat nilai perjuangan harkat martabat manusia dan kesejahteraan.

Hero Banner 1080 X 400

“Demokrasi di sisi Gus Dur, juga tak bisa dipisahkan dari budaya anti kekerasan dan ketaatan pada konstitusi,” tegasnya.

Acara Haul ini akan dihadiri sejumlah tokoh nasional, tokoh agama dan tokoh lintas agama, serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Lebih lanjut Inayah mengungkapkan bahwa pihaknya mengundang beberapa tokoh dan seniman untuk mengisi acara tersebut, di antaranya filsuf dan astronomer dari STF Driyakarya, Prof Karlina Supelli untuk memberi orasi tentang substansi dan arah demokrasi ideal, seusai teladan demokrasi Gus Dur. Pembacaan “Amanat Ciganjur” berisi pesan-pesan demokrasi, yang akan dibacakan oleh beberapa tokoh bangsa yaitu Ibu Shinta Nuriyah Wahid, Lukman Hakim Saifuddin, Romo Benny Susetyo dan Pdt Gomar Gultom.

Baca Juga :   Melalui BAZNAS, LAZ Sidogiri Salurkan Bantuan Kemanusiaan Rp1 M untuk Palestina

Sebagaimana umumnya, agenda utama Haul Gus Dur ke 14 adalah pembacaan Tahlil dan Doa oleh KH Husein Muhammad, ulama intelektual asal Cirebon. Di awal acara, akan dibuka dengan pembacaan Shalawat dan Mahallul qiyam oleh Group Shalawat Bil Musthofa, dari Pondok Krapyak, Yogyakarta. Dijalnjutkan pembacaan ayat Suci Al Qur’an, akan dilantunkan Ustadz H. Rif’at Aby Syahid, dari PP Al Falah, Cicalengka Bandung.

Sejumlah artis seniman turut meramaikan, di antaranya Band Lorjhu’ dari Madura, Ria Pasar Kemis, Yati Pesek yang akan didapuk standup comedy bersama trio komedian santri Abioso Group.

“Sebuah kehormatan bagi kami, bila kita semua berkenan mendoakan dan mengenang Alm KH. Abdurrahman Wahid, baik hadir langsung di acara Haul atau mengikuti secara virtual melalui siaran media,” harap Inayah. (Yudo)

Leave A Reply

Your email address will not be published.