2024, LPBINU Terus Lakukan Trobosan dan Penguatan Program untuk Pengabdian 

 

RISALAH NU ONLINE, JAKARTA – Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) PBNU terus melakukan terobosan dan penguatan program dalam rangka pengabdian untuk NU, bangsa dan dunia.

Pengabdian dilakukan dalam bentuk kegiatan kemanusiaan dalam hal kebencanaan yang terjadi di tanah air, maupun mancanegara. Pengabdian juga dilakukan melalui kerja-kerja untuk mencegah terjadinya bencana serta menangani yang berkaitan dengan perubahan iklim.

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua LPBI PBNU H Maskut Candranegara menjelaskan beberapa kegiatan LPBI yang telah dilaksanakan sepanjang 2023. Bidang kebencanaan misalnya, LPBI PBNU bersinergi dengan pemerintah (BNPB) untuk melakukan misi kemanusiaan menyerahkan bantuan hingga titik lokasi bencana di Provinsi Atay Turki pada 6 Februari 2023.

“Awal Juli 2023 terjadi bencana banjir bandang di Kabuaten Lumajang Jawa Timur. LPBI terjun langsung melakukan penanganan evakuasi dan memberikan bantuan,” ujar Maskut kepada Risalah NU Online di Jakarta, Jum’at (12/1/23).

Hero Banner 1080 X 400

Dijelaskannya, saat Indonesia dilanda kekeringan panjang dan krisis air bersih yang puncaknya pada Oktober dan November 2023, LPBI melakukan kerja sama dengan LAZISNU dan BPBD di daerah untuk mendistribusikan air bersih di beberapa provinsi, di antaranya Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kalimantan Selatan.

“Kiprah ini akan kami tingkatkan lagi dengan program dan langkah strategis yang sudah kami susun untuk 2024,” ungkapnya.

Ia menegaskan bahwa semua yang sudah dilakukan pada 2023 akan menjadi instrumen dalam pengambilan kebijakan lembaga untuk kiprah yang lebih maksimal di tahun 2024.

Program-program kerja yang telah dilakukan di tahun 2023 diantaranya;

1. Pemberian bantuan kepada warga korban kebakaran di Pasar Kliwon Solo, Jawa Tengah LPBI bersama LAZISNU dan Banser pada 4 Oktober 2023.

Baca Juga :   Rekor, 126.057 Peserta Daftar Pelatihan Kemenag di MOOC Pintar

2. Kemah bakti relawan, apel kesiapsiagaan bencana, dan simulasi penanganan bencana banjir bandang di kabupaten Pekalongan.

3. Kegiatan LPBI dan Program kerja dalam bidang perubahan iklim meliputi antara lain; menjadi narasumber pada diskusi, pelatihan, mengisi podcast, seminar atau webinar, dan talkshow serta melakukan pendampingan-pendampingan.

4. Training pengerak pesantren hijau di Pondok Pesantren Al-Hamidiyah Depok, Jawa Barat, pada 21 Januari 2023 dan di Pondok Pesantren Al-Hamid Cilangkap, Jakarta Timur.

5. Peningkatan kapasitas Corp Brigade Pembangunan (CBP) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) di Malang, Jawa Timur pada 24 Juli 2023. 6. Pelatihan pembuatan Ezo Enzyme, limbah rumah tangga, dan adaptasi perubahan iklim di LPBI PCNU Kabupaten Malang, pada 25 Juli 2023.

7. Penguatan kelembagaan risiko bencana di kampus ITS NU Kabupaten Pasurun Jawa Timur. 8. Festival Ekologi Spiritual LPBI dan LP Maarif PBNU, pesertanya seluruh Indonsia untuk tingkat SMA dan SMK pada Oktober 2023.

9. Desa tangguh dan Desa Bahagia bersama BNPB di Cianjur pada awal Oktober 2023 10. Penanaman dan bersih-bersih pantai di Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, dan Bengkulu pada 8 Oktober 2023.

11. Training of Trainers (ToT) terkait Adaptasi Perubahan Iklim berbasis komunitas di Satuan Pendidikan, LPBI PWNU Jawa Barat bersama dengan Save The Children di Bandung pada Desember 2023.

12. Pendampingan dan Peningkatan Kapasitas untuk FD dan FPKD Tentang DESTANA kerjasama LPBI PBNU dengan BNPB di Jawa Timur. (rls/hud)

Leave A Reply

Your email address will not be published.