Baznas RI Berhasil Raih 2 Sertifikat ISO Bergengsi

 

RISALAH NU ONLINE, JAKARTA – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI berhasil meraih dua sertifikat ISO bergengsi yakni Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 dan Sistem Manajemen Anti Penyuapan SNI ISO 37001:2016 yang dikeluarkan oleh PT Garuda Sertifikasi Indonesia.

 

Secara simbolis, penyerahan dua sertifikat ISO bergengsi tersebut dilakukan di Gedung BAZNAS RI, Jakarta, Selasa (23/1/2024). Turut hadir Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA., Direktur PT Garuda Sertifikasi Indonesia, Joni S. Salim beserta jajarannya, serta para pimpinan BAZNAS RI.

 

“Kami bersyukur, BAZNAS RI konsisten dalam memperoleh sertifikat ISO bergengsi setiap tahun. Ini adalah bukti keseriusan kami dalam mengawasi dan mengoptimalkan kegiatan internal BAZNAS,” ujar Pimpinan BAZNAS RI Bidang Perencanaan, Kajian dan Pengembangan, Prof. (HC) Dr. Zainulbahar Noor SE, MEc.

 

Zainulbahar menegaskan, sebagai lembaga pengelolaan zakat nasional, BAZNAS RI senantiasa berkomitmen menyempurnakan sistem sesuai dengan standar ISO 9001:2015 dan 37001:2016. Hal ini bertujuan agar pengelolaan zakat dapat berjalan secara efektif, efisien, dan terpercaya.

 

Hero Banner 1080 X 400

“Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 merupakan sistem manajemen yang mengarahkan dan mengendalikan organisasi berkaitan dengan kualitas, manajemen mutu, dan menjamin pelayanan jasanya memenuhi persyaratan mutu pelanggan serta mematuhi peraturan yang berlaku dalam jasa tersebut,” paparnya.

 

Di sisi lain, Zainulbahar melanjutkan, Sertifikasi Manajemen Anti Penyuapan SNI ISO 37001:2016 merupakan komitmen dan sekaligus memastikan pengelolaan zakat di BAZNAS dilaksanakan dengan akuntabel dan transparan serta mencegah korupsi dan anti suap di lingkungan BAZNAS RI.

 

“BAZNAS memperoleh Sertifikat ISO 37001:2016 setelah dilaksanakan audit Resertifikasi pada tanggal 1 dan 2 November 2023 dengan lingkup Layanan Pengelolaan Zakat, Pengumpulan, Pendistribusian dan Pendukungnya oleh Badan Sertifikasi Garuda Sertifikasi Indonesia yang berkantor Pusat di Denpasat Bali,” ungkapnya.

Baca Juga :   Pantau Persiapan Operasi Mantap Brata, Kompolnas Kunjungi Polda Jateng

 

Zainulbahar mengimbuhkan, pencapaian dua sertifikat bergengsi ini menjadi pemicu semangat BAZNAS RI terus berdedikasi dalam mencapai tujuan bersama, yaitu meningkatkan kesejahteraan umat. Ia menegaskan, penghargaan ini juga mengindikasikan manajemen BAZNAS memenuhi persyaratan yang berlaku.

 

“Prestasi ini juga merupakan penguatan BAZNAS RI dalam mengelola zakat, infak, dan sedekah (ZIS), dengan menerapkan sistem manajemen mutu yang mengikuti standar internasional di seluruh unit kerja BAZNAS,” katanya.

 

Pencapaian ini mendapat apresiasi dari Direktur PT Garuda Sertifikasi Indonesia, Joni S. Salim. Dia menyampaikan, dua sertifikasi ISO bergengsi menandai pencapaian BAZNAS RI dan menjadi bukti komitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, menjaga kualitas, dan terus berinovasi dalam menjawab tuntutan zaman.

 

“Selamat kepada BAZNAS yang meraih dua sertifikat ISO bergengsi. Ini menunjukkan komitmen semua persyaratan ISO dalam rangka melayani kepuasan pelanggan. Dengan visi BAZNAS menjadi lembaga utama menyejahterakan umat, akan meningkatkan pelayanan sekaligus menjadi profesional, akuntabel, dan transparan,” katanya. (hud)

Leave A Reply

Your email address will not be published.