Boleh Berpihak, Wapres Tetap Bersikap Netral

0

 

RISALAH NU ONLINE, JAKARTA – Saat ditanya awak media terkait akan berkampanye, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin mengatakan bahwa dirinya tetap akan netral meskipun aturan membolehkan.

 

“Soal Presiden saya kira sudah jelas ya, aturannya boleh. Ada yang tidak setuju, ada yang setuju, silakan saja nanti urusannya itu publik saja. Tapi saya sejak awal sudah memposisikan diri untuk bersikap netral, ya, tidak memihak,” jawab Wapres kepada awak media usai memimpin Rapat Tingkat Menteri tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan di Istana Wapres, Jl. Medan Merdeka Selatan Nomor 6, Jakarta, Kamis (25/01/2024).

 

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, kendati demikian, Ia menyatakan bahwa dirinya akan tetap menunjukan sikap netral ke publik di masa kampanye ini.

 

“Saya sekarang memposisikan saya itu netral. Saya kira tidak ada masalah ya. Ini bukan perbedaan dengan Presiden. Memang Presiden sudah menyatakan seperti itu, dan saya memang tetap netral. Jangan dibilang saya berbeda dengan Presiden itu nanti,” imbuh Wapres.

 

“Perkara nanti pilihan saya, saya akan tuangkan nanti saja pada waktu tanggal 14 Februari dan tidak boleh ada yang tahu. Dan saya bilang itu urusan rahasia saya. Itu urusan hati dan personal,” tambahnya.

 

Di sisi lain, terkait banyaknya masyarakat yang membawa anak dalam pelaksanaan kampanye, Wapres pun mengimbau agar para orang tua bersikap bijak. Ia mengingatkan, bahwa kampanye bukanlah suasana yang tepat untuk dihadiri oleh anak-anak.

 

“Yang anak-anak saya kira sudah ada aturannya, sebaiknya semua menyadari. Dan memang bahaya kalau anak-anak dibawa untuk ikut. Kalau terjadi apa-apa itu kan berbahaya. Dan mereka nanti tidak mengerti apa-apa, nanti bisa bikin trauma anak-anak. Sebaiknya jangan diajak di kegiatan-kegiatan politik, kampanye,” imbau Wapres.

Baca Juga :   Ketum PGI Berharap Kehadiran Grend Syekh dan Bapa Suci, Sri Paus Memperkokoh Bangsa Indonesia Membangun Peradaban Dunia

 

Menutup keterangan persnya, sekali lagi Wapres menekankan, bahwa dirinya akan tetap netral pada proses pesta demokrasi ini.

 

“Sejak awal sudah memposisikan diri untuk bersikap netral, ya, tidak memihak. Saya bilang saya netral,” pungkas Wapres.

 

Hadir mendampingi Wapres dalam keterangan pers ini, Menteri Pemuda dan Olahraga Ario Bimo Nandito Ariotedjo, serta Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi. (rls/hud).

Leave A Reply

Your email address will not be published.