Buka Kongres Ansor di atas Kapal, Presiden Puji Ansor Kreatif

 

RISALAH NU ONLINE, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo hadir membuka Kongres ke-XVI Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, 2 Februari 2024. Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa ini kali pertamanya menghadiri kongres yang dilaksanakan di atas kapal. Di suasana yang baru tersebut, dirinya mengapresiasi GP Ansor karena inovatif. “Ini tandanya GP Ansor inovatif, kreatif” ujarnya.

Lebih lanjut ia menekankan bahwa sikap kreatif dan inovatif merupakan kunci dalam menghadapi berbagai perubahan dan disrupsi yang sedang melanda dunia. Salah satu sikap kreatif dan inovatif tersebut dibuktikan Ansor melalui perannya dalam mengawal demokrasi.

 

“Saya mengapresiasi peran-peran kemasyarakatan dan Kebangsaan GP Ansor utamanya dalam mengkampanyekan Moderasi Beragama dan mengawal demokratisasi politik.

 

Jokowi optimis bahwa wajah NU kedepan akan diwarnai oleh kepemimpinan dan arah gerak GP Ansor hari ini.

 

Hero Banner 1080 X 400

“Orang muda hari ini adalah pemimpin atau penentu masa depan,” tegasnya.

 

Sebagaimana diketahui, Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor (PP GP Ansor) menyelenggarakan Kongres XVI di atas Kapal Pelni KM Kelud pada Jum’at, 02 Februari 2024 yang akan diikuti oleh 1,700 kader terbaik GP Ansor. Acara yang dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta akan menempuh perjalanan sejauh 210 nm menuju Tanjung Emas Semarang.

 

Tema yang diusung pada gelaran tersebut adalah “GP Ansor: Peta Jalan NU Masa Depan”. Tema tersebut diambil dengan tujuan untuk mempertebal posisi GP Ansor di kancah peradaban

 

Sementara itu, penempatan arena Kongres di Kapal Laut KM Kelud merupakan pengejawantahan dari wujud bakti GP Ansor dalam menghidupkan warisan leluhur Nusantara yang mashur sebagai Negeri Bahari. (Yudo)

Baca Juga :   Diskusi Pojok Kramat, KDRT Terjadi Karena Gagal Paham Agama
Leave A Reply

Your email address will not be published.