Wapres Minta Kemenaker Kembangkan Tata Kelola dan Kualitas BLK Komunitas 

0

 

RISALAH NU ONLINE, JAKARTA – Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin menghadiri acara Peresmian dan Festival Kemandirian Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Tahun 2024 yang dilaksanakan di Ponpes Daarul Archam Rajeg, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Dalam sambutannya, Wapres menyatakan bahwa Sektor ketenagakerjaan merupakan salah satu elemen penting dalam mesin pertumbuhan ekonomi. Untuk itu, pemerintah dalam hal ini memberikan perhatian ekstra terhadap sektor tersebut di tengah melimpahnya angkatan kerja penduduk.

 

“Termasuk dalam upaya penciptaan lapangan kerja maupun tenaga kerja yang berdikari,” ujar Ma’ruf.

 

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik 2023, jumlah pengangguran di Indonesia sekitar 7,9 juta jiwa. Meski angka tersebut terus berkurang, namun angka tersebut dinilai masih cukup besar jika dibandingkan dengan jumlah angkatan kerja Indonesia yang mencapai 146 juta jiwa,

“Hal ini berarti tantangan kita untuk mengurangi pengangguran tidak ringan,” katanya.

Dirinya pun mengapresiasi langkah menteri ketenagakerjaan yang terus konsisten membuat berbagai terobosan strategis. “Diantaranya melalui pengembangan BLK Komunitas yang disesuaikan dengan kebutuhan Masyarakat setempat serta menyasar daerah-daerah yang relatif tertinggal,” ungkapnya.

 

Dirinya berharap agar Kementerian Ketenagakerjaan terus mengembangkan BLK Komunitas dari segi kualitas maupun tata kelolanya.

 

“Khususnya yang berada di lingkup, lembaga pendidikan keagamaan non pemerintah seperti pondok pesantren serta serikat kerja atau serikat buruh” pesan Ma’ruf.

 

Acara yang dimulai sejak pukul 14.00 tersebut dihadiri oleh Menteri Tenaga Kerja RI Ida Fauziyah dan sejumlah jajarannya, PJ Bupati Tangerang Andy Ony Prihartono, serta para ‘alim ‘ulama setempat. (Yud)

Baca Juga :   Sambangi Markas PBNU, Menkominfo Mantabkan Kerjasama Edukasi Digital 
Leave A Reply

Your email address will not be published.