MTQ Internasional ke-4 JQH NU 2026 akan Digelar di Makkasar

RISALAH NU – BANJARMASIN – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-10 dan MTQ Internasional ke-4 Jamiyyatul Qurra wal Huffazh Nahdlatul Ulama (JQHNU) tahun 2026 akan digelar di kota Makkasar, Sumatera Selatan. Demikian diumumkan oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) JQHNU KH Saifullah Ma’sum pada penutupan MTQ JQHNU di Palaihari, Tanah Laut, Kalsel pada Kamis (7/9/23) malam.

Malam puncak penutupan MTQ JQHNU sekaligus pengumuman para pemenang dan pembagian hadiah yang dihadiri para tokoh, pejabat dan ratusan masyarakat tanah Laut. Selain mendapatkan piala dan sertifikat, para juara mendapatkan hadiah uang pembinaan. Juara 1 Internasional mendapatkan hadiah sebesar 30 juta, juara 2, 20 juta dan juara 3 sebesar 15 juta rupiah. Sedangkan untuk juara nasional, juara 1 sebesar 20 juta, juara 2 sebesar 15 juta dan juara 3 sebesar 10 juta rupiah.

Dalam perhelatan MTQ Kalsel, peserta utusan negara republik Iran berhasil menjadi juara 1 qari terbaik cabang tilawah al-Qur’an Internasional golongan dewasa atas nama Sayied Musthafa Husen berhasil mengungguli 9 peserta dari negara lain dengan nilai 93. Sedangkan juara II berhasil diraih oleh peserta dengan nomor T 10 atas nama Ahmad Khairi Novandra utusan Indonesia dengan nilai 92.5 dan juara III dengan nomor peserta T 04 atas nama Aiman Ridhwan utusan Malaysia dengan nilai 88.5.

Usai didaulat menjadi juara, Sayied Musthafa Husen kemudian diminta untuk tampil di panggung melantunkan ayat suci Al Qur’an dengan nada tinggi melengking. Kontan, reaksi penonton riuh menyambut lantunan qori dan bertepuk tangan. Kemudian disusul dengan penampilan qori legendaris Internasional asal Indonesia KH. Muammar ZA.

Sementara cabang hifzh Al-Qur’an Internasional, golongan dewasa hafizh terbaik atas nama Zahran Auzan utusan Indonesia dengan nilai 194. Juara II atas nama Mohammad Jakareya utusan Bangladesh dengan nilai 193.5 dan juara III atas nama Agung utusan Indonesia dengan nilai 189.5.

Banner dalam Post 300 x 416

Sedangkan cabang tilawah Nasional golongan dewasa Qori terbaik atas nama Ahmad Khoiri Novandra utusan Sumatera Utara dengan nilai 95.25. Juara II atas nama M. Mas’ud utusan Jawa Tengah dengan nilai 94.75 dan juara III atas nama Siddiq Min Syafawi utusan Kalimantan Selatan dengan nilai 94. Cabang Qira’ah Sab’ah Bil Mujawwad Nasional Qori terbaik atas nama Syahruddin utusan Kalimantan Selatan dengan nilai 97. Juara II atas nama Baharuddin utusan Sulawesi Selatan dengan nilai 95,5 dan juara III atas nama H. Dede Syamsuddin utusan Jawa Barat dengan nilai 93.

Bupati Tanah Laut, HM Sukamta secara resmi menutup dan membuka gelaran MTQ JQH NU pada 5-7 September 2023. Dalam sambutannya Ia menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada jajaran pengurus JQH NU, panitia penyelenggara, dewan hakim/ juri dan seluruh pihak yang terlibat dalam menyukseskan kegiatan tersebut.

“Saya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Tala mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi tingginya kepada jajaran JQH-NU, seluruh panitia, dewan hakim dan seluruh masyarakat yang telah menyukseskan kegiatan Gema Al-Quran, MTQ Internasional dan MTQ Nasional JQH-NU tahun ini,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) JQHNU KH Saifullah Ma’sum menegaskan, perhelaran MTQ tersebut merupakan bentuk lain dari syiar dalam rangka memperkuat persaudaraan antarbangsa. “Musabaqah untuk mendengungkan tema kemanusiaan, perdamaian, persaudaraan antarbangsa dan antarmanusia,” ujarnya.

Ia berharap, para qari dan qariah untuk dapat menebar alunan Al-Qur’an sampai ke seluruh pelosok Indonesia dan dunia. “Rangkaian alunan Al-Qur’an dikembangkan di seluruh tanah air bahkan di seluruh dunia,” pungkasnya. (hud)

Leave A Reply

Your email address will not be published.