Para Menteri dan Jutaan Warga Aksi Bela Palestina di Monas

RISALAH NU – JAKARTA – Jajaran Menteri Indonesia maju menghadiri aksi damai bela Palestina di Monumen Nasional (Monas), Jakarta dan jutaan orang dari berbagai elemen masyarakat yang sudah hadir di Monas sejak subuh.

 

“Posisi Indonesia jelas. Kita akan berdiri bersama Palestina. Membela rakyat Palestina adalah membela kemanusiaan,” ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat di Monas, Minggu (5/11/2023).

 

Selan Menag, hadir Menko PMK Muhadjir Effendi, Menlu Retno Marsudi, Ketua DPR Puan Maharani, Wapres RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, hingga tokoh lintas agama.

 

Menurut Menag, membela kemanusiaan merupakan ajaran semua agama. Orang yang beragama pasti tidak akan diam melihat kemanusiaan terinjak-injak.

 

“Di Islam agama diajarkan, bila mereka bukan saudaramu dalam Iman, maka mereka adalah saudaramu dalam kemanusiaan,” tandas Menag.

 

Banner dalam Post 300 x 416

Sama dengan peserta aksi lainnya, Menag Yaqut juga tampak menyampirkan kafiyeh di bahunya.

 

Kafiyeh atau kufiyah, merupakan kain segi empat biasanya berwarna putih dengan motif kotak-kotak. Di tepi kain ada semacam rumbai-rumbai. Saat ini, kafiyeh menjadi lambang solidaritas terhadap perjuangan dan kampanye kemerdekaan Palestina. (rls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.