Harlah NU, Sesepuh Ingatkan Tantangan Ketidakadilan 

0

 

RISALAH NU ONLINE, YOGYAKARTA – Wakil Rais ‘Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Afifuddin Muhajir mengungkapkan beberapa harapannya dalam rangka Hari Lahir Nahdlatul Ulama yang ke 101.

 

“Mudah-mudahan dengan Harlah NU yang ke 101 ini, NU tambah berkah, tambah bermanfaat bagi bangsa negara dan dunia gitu ya,” ujarnya kepada Risalah NU Online dalam acara Harlah NU ke-101 di Yogyakarta, Selasa (30/01/24).

 

Dikatakan Kiai Afif sapaan sesepuh NU ini, NU menghadapi tantangan yang berbeda-beda pada setiap era. Menurut Kiai Afif problem yang saat ini sangat mendesak untuk diatasi yaitu problem ketidak-adilan, baik dalam tataran global maupun tataran nasional.

 

“Itu (problem ketidak-adilan) yang perlu ditangani. Di samping itu juga keamanan (atau) perdamaian. Itu yang menjadi concern (perhatian) PBNU selama ini adalah perdamaian dunia,” jelasnya.

 

PBNU telah lama berperan aktif dalam upaya mewujudkan perdamaian dunia, hal ini dibuktikan dengan beberapa forum internasional yang telah terselenggara dengan menghadirkan para pemuka agama dunia, cendikiawan, dan pemangku kebijakan.

 

Dikutip dari NU Online, gagasan dalam upaya mewujudkan perdamaian dunia mulai dijalankan perdana melalui perhelatan G20 Religion Forum of Twenty atau R20 di Nusa Dua, Bali pada awal November 2022. Kemudian dilanjutkan dengan gelaran Muktamar Internasional Fiqih Peradaban di Surabaya pada Februari 2023. Lalu ASEAN IIDC di Jakarta pada Senin, 7 Agustus 2023.

 

Tidak hanya itu, pada periode kepemimpinan Gus Yahya juga menggelar forum R20 International Summit of Religious Authorities (ISORA) pada November 2023. Forum tersebut digelar sebagai upaya dalam menentukan kesepakatan terhadap isu kejahatan kemanusiaan yang terjadi di Palestina.

 

Baca Juga :   Rakernas IKAPETE, Para Alumni Diminta Warnai Indonesia dan Dunia

Selain itu NU juga sering kali menjadikan isu perdamaian sebagai topik pembahasan dalam halaqah dan pertemuan-pertemuan, baik di tingkat Pengurus Besar, Pengurus Cabang, hingga Ranting. (Anisa).

Leave A Reply

Your email address will not be published.