Masjid Nabawi Sepi, Gegara Ditinggal Jemaah Haji Indonesia ke Makkah

0

RISALAH NU ONLINE, MADINAH – Masjid Nabawi Madinah tampak terlihat lengang dan sepi. Pasalnya, Jemaah haji Indonesia reguler seluruhnya sudah bergerak menuju kota suci Makkah untuk menyambut puncak haji 2024.

 

Terlihat hanya tinggal jemaah haji khusus Indonesia yang masih berada di Madinah. Itu pun sebagian besar akan ke Makkah pada Minggu, 2 Juni 2024 lusa.

 

Pantauan Risalah NU Online, pada Sabtu, 1 Juni 2024, sebanyak 4.743 jemaah haji Indonesia diberangkatakan ke Makkah. Mereka adalah rombongan haji gelombang pertama yang terakhir berada di Madinah.

 

Mereka terpecah menjadi 12 kloter. Para jamaah diberangkatkan dari hotel masing-masing. Sebelum ke Makkah, para jemaah transit di Masjid Dzul Khulaifah atau dikenal dengan Bir Ali untuk melakukan miqat. Lalu, salat sunnah umrah dan melafalkan niat umrah.

 

Pemberangkatan para jemaah di hampir seluruh hotel berlangsung lebih cepat dari jadwal. Seperti rombongan jamaah kloter SUB 45 Embarkasi Surabaya. Mestinya jadwal keberangkatan dari hotel pukul 09.00. Sesuai jadwal, seharusnya mereka berangkat pukul 09.00.

 

Namun, rombongan sudah bisa diberangkatkan menuju Masjid Bir Ali satu jam lebih awal dari jadwal.

“Ini tidak lepas dari cepatnya persiapan yang dilakukan oleh para kepala rombongan (karom) maupun kepala regu (karu) di masing-masing kloter. Sehingga, semua persiapan pemberangkatan bisa lebih cepat,” kata Kepala Sektor 5 PPIH Arab Saudi Abrar Munanda saat di lokasi.

 

Pemberangkatan jemaah haji gelombang terakhir dari Madinah ke Makkah juga dipantau langsung oleh Kepala Daerah Kerja (Daker) Madinah PPIH Arab Saudi Ali Machzumi.

 

Bersama tim Daker Madinah lainnya, Ali menyapa dan melepas para jamaah yang akan melanjutkan perjalanan ke Makkah.

Baca Juga :   Saudi Ketat, KJRI Sebut Dua Anggota DPR Kena Pemeriksaan Aparat

 

Sementara proses miqat di Bir Ali juga tanpa kendala. Para jemaah yang sudah memakai kain ihram begitu turun dari bus langsung melaksanakan salat sunnah di masjid Bir Ali. Lalu mereka segera kembali ke bus.

 

Di bus, pembimbing ibadah memimpin para jamaah melafalkan niat umrah.

Bus kemudian melanjutkan perjalanan ke Makkah. Butuh waktu 4-5 jam untuk sampai ke Makkah.

 

“Alhamdulillah lega, seluurh proses miqat di Bir Ali sudah berjalan lancar. Semua jamaah haji reguler Indonesia sudah berangkat ke Makaah,” ujar kepala seksi Bir Ali PPIH Azis Hergemur.

 

Kemudian, para petugas haji yang bertugas di Madinah juga bersiap berangkat ke Makkah pada Senin, 3 Juni 2024. Setelah puncak haji mereka kembali ke Madinah untuk melayani para jamaah gelombang 2 yang akan bergeser ke Madinah sebelum pulang ke tanah air.

 

(Ishaq Zubaedi Raqib, MCH Makkah).

Leave A Reply

Your email address will not be published.