Dukung Ramah Lansia, Baznas Bantu 100 Kursi Roda di Mekah 

0

RISALAH NU ONLINE, JAKARTA – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI mengirimkan bantuan sebanyak 100 kursi roda ke Tanah Suci untuk mendukung program haji ramah lansia. 

 

Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan MA. menyampaikan, inisiatif ini merupakan bagian dari upaya BAZNAS dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi untuk memberikan layanan terbaik bagi jemaah haji, khususnya lansia, agar mereka dapat menjalankan ibadah haji dengan lebih mudah dan nyaman.

 

“Alhamdulillah ini merupakan upaya BAZNAS bersama PPIH untuk mendukung program haji ramah lansia, agar para jemaah yang sudah sepuh bisa melaksanakan ibadah haji dengan nyaman, ” kata Saidah dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin, (3/6/2024).

 

Saidah berharap bantuan kursi roda untuk jemaah haji Indonesia ini dapat membantu pelaksanaan ibadah haji para penerima manfaat khususnya saat puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina pada 8-13 Dzulhijjah.

 

“Pada puncak haji, diharapkan jemaah haji Indonesia bisa menjaga kesehatan, karena tiap tahun angka kematian naik setelah pelaksanaan ibadah di Arafah, Muzdalifah, dan Mina,” terang Saidah.

 

“Semoga para jamaah haji kita semua sehat dan lancar menjalankan ibadah hajinya, semoga Allah berikan haji yang mabrur dan keselamatan hingga pulang kembali ke tanah air,” harapnya.

 

Bantuan kursi roda tersebut tiba di King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah, Arab Saudi bersamaan kedatangan kelompok terbang (kloter) 42 Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG-42).

Sebagaimana dikutip dari laman Kemenag RI, Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Bandara, Abdillah mengatakan, “Alhamdulillah, 100 kursi roda tiba bersamaan dengan kloter JKG 42. Semua barang telah kami cek dan kondisinya lengkap.”

Baca Juga :   Wapres Terima Mandat sebagai Plt Presiden Jokowi

 

Dari Jeddah, kursi roda diangkut dengan truk menuju Mekah. Distribusi dan penggunaannya diatur oleh tim Daker Mekah.

 

“Tim Daker Makkah akan mengatur pendistribusian dan penggunaan kursi roda ini, memastikan bahwa setiap lansia yang membutuhkan dapat menggunakannya,” jelas Abdillah.

 

Dengan tambahan kursi roda ini, PPIH Arab Saudi berkomitmen untuk meningkatkan kenyamanan dan kemudahan bagi jemaah haji lansia, memastikan mereka dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar dan tanpa hambatan. (hud)

Leave A Reply

Your email address will not be published.