5 Tokoh NU Masuk 500 Tokoh Berpengaruh Dunia 2019

0 325

5 Tokoh NU Masuk 500 Tokoh Berpengaruh Dunia 2019

Sebuah lembaga independen Islam internasional yang berkedudukan di Amman Yordania, The Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC), kembali merilis ranking tokoh Muslim paling berpengaruh di dunia tahun 2019. Lembaga yang berafiliasi dengan The Royal Aal al-Bayt Institute for Islamic Thought ini melakukan per-rangking-an tokoh Muslim paling berpengaruh setiap tahunnya.

Untuk tahun 2019, ada beberapa tokoh Nahdlatul Ulama (NU) yang masuk ke dalam daftar Muslim paling berpengaruh di dunia. Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj dan Rais Aam Idaroh Aliyah Jamiyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah (JATMAN) Habib Luthfi bin Yahya kembali masuk daftar 50 Muslim paling berpengaruh di dunia tahun 2019.

Tahun ini, Kiai Said menduduki peringkat ke-20 Muslim paling berpengaruh di dunia, naik dua peringkat. Sementara tahun lalu Kiai Said berada di urutan ke-22. Adapun Habib Luthfi menempati peringkat ke-37 atau naik lima peringkat setelah tahun lalu berada di urutan ke-41.

Tidak hanya itu, Kiai Said juga masuk daftar 100 Muslim paling berpengaruh selama 10 tahun terakhir. Dalam hal ini, rangking Kiai Said (urutan ke-17) berada di atas Presiden Indonesia saat ini Joko Widodo (urutan ke-30) dan Presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (urutan ke-36). Sementara Habib Luthfi berada di urutan ke-57 sebagai Muslim paling berpengaruh selama 10 tahun terakhir.

Selain kedua tokoh NU tersebut, ada Mustasyar PBNU KH Ahmad Mustafa Bisri dan KH Ma’ruf Amin, serta Katib Aam PBNU KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya), yang masuk daftar 500 tokoh Muslim paling berpengaruh di dunia tahun ini dalam bidang keagamaan (religious affairs).

Secara keseluruhan, terdapat 500 Muslim yang dinilai paling berpengaruh. 450 lainnya dibagi berdasarkan kategori tertentu seperti ilmuwan, politisi, birokrat, keagamaan, dan lainnya. (nuo)

Leave A Reply

Your email address will not be published.