Silatnas Ormas Islam dan Majelis Agama, Ketum MUI: Perbedaan Pilihan Jangan Jadi Pertikaian

 

RISALAH NU ONLINE, JAKARTA – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Anwar Iskandar mengingatkan pentingnya menjaga persatuan bangsa jelang pesta Pemilu 2024.

 

“Hari ini MUI mengadakan Silaturahim Nasional seluruh pimpinan ormas Islam dan tokoh-tokoh agama di Indonesia. Harapannya kegiatan ini dapat mempererat persatuan jelang pemilu,” katanya kepada MUIDigital, di arena Silaturahim Nasional Ormas Islam dan Majelis-Majelis Agama di Jakarta, Selasa (16/1/2024).

 

Kiai Anwar juga menyoroti pentingnya penyelenggaraan pemilu dengan adil, jujur, dan terbuka. Hal tersebut merujuk kepada kebebasan berpendapat dan prinsip demokrasi bangsa ini.

 

“Pemilu yang damai dan bermartabat sejatinya merupakan jalan menuju Indonesia yang adil dan makmur,” beber dia.

 

Menurut dia, berjalannya pemilu dengan baik diperlukan upaya-upaya strategis untuk mewujudkannya. Tidak dapat dimungkiri, peran tokoh dan majelis-majelis agama yang ada di Indonesia memberikan pengaruh yang besar.

 

Dalam pandangan Ketum MUI ini, beda pilihan dalam pemilu nanti, bukanlah sesuatu hal yang perlu ditanggapi dengan pertikaian. Justru ragam perbedaan yang ada menjadi ciri khas yang dimiliki bangsa Indonesia.

 

“Kepada seluruh pimpinan ormas Islam harap dapat mengajak para imam, mubaligh, ustadz, dan khotib di masjid untuk memberikan edukasi kepada umat terkait pelaksanaan pemilu yang damai dan bermartabat,” imbau Kiai Anwar.

 

Dalam Silatnas Ormas Islam dan Majelis-Majelis Agama ini mengusung tema “Mengawal Pemilu Damai, Jujur, Adil Dan Bermartabat”. Kegiatan yang digagas MUI ini turut dihadiri oleh unsur Pemerintah, ormas Islam , aparat keamanan, tokoh agama, KPU serta juga Bawaslu.

 

Setelah orasi dari berbagai narasumber, kegiatan Silatnas juga akan dilanjutkan dengan Deklarasi MUI. Kegiatan ini sebagai simbol bahwa MUI mendorong seluruh elemen masyarakat dan Pemetintah untuk mewujudkan pemilu damai dan bermartabat. (rls/hud)

Leave A Reply

Your email address will not be published.