Jemaah Haji Wajib Tahu, Begini Adab Berziarah Makam Nabi Muhammad SAW 

0

RISALAH NU ONLINE, MADINAH – Saat berada di Madinah, selain melaksanakan shalat di Masjid Nabawi, berdoa di Raudhah dan berziarah ke Makam Nabi Muhammad SAW juga menjadi agenda yang didambakan para jemaah haji. 

Namun, ada beberapa adab ziarah yang harus diketahui oleh jemaah haji. Berikut adab berziarah ke Makam Nabi Muhammad SAW yang dijabarkan pembimbing ibadah PPIH Arab Saudi ustad Mukti Ali, diantaranya;

 

Pertama, mengucapkan salam. Adab dan etika yang pertama yaitu mengucapkan salam kepada Nabi Kitab Muhammad SAW, “Assalamu’alaika ya Rasulullah, Assalamu’alaika ya Habibullah.

 

Kedua. Shalat Dua Rakaat. Setelah memberikan salam kepada Nabi Muhammad SAW, dilanjutkan dengan melaksanakan shalat dua rakaat di Raudha.

 

Ketiga. Berdoa. Hal ketika yang dilakukan adalah berdoa. Berdoa bisa menggunakan bahasa Arab bagi yang bisa berbahasa Arab, atau menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa daerah.

 

Keempat. Memperbanyak Shalawat. Hal berikutnya yang dilakukan adalah membaca shalawat, ” Sallallahu ala Muhammad, Sallallahu alai wasallam”

 

” Karena kita sedang berada di samping Nabi Kitab Muhammad SAW. Dan jika memungkinkan waktunya kemudian kita lanjut membaca istighfar” Jelas Mukti Ali.

 

Demikian adab dan etika yang harus dilakukan ketika berziarah ke Makam nabi Muhammad SAW. (Ishaq Zubaedi Raqib – MCH)

Baca Juga :   553 Kloter Jemaah Haji Indonesia Tiba di Arafah, Kemenag: Sesuai Jadwal
Leave A Reply

Your email address will not be published.