Menyatukan Kekuatan Dunia Jalankan Grafik PBB

Dr. Jacqueline C. Rivers

(Executive Director, Seymour Institute for Black Church and Policy Studies Jamaika)

Dr.Jacqueline C. Rivers adalah Direktur Eksekutif, Institut Seymour untuk Gereja Hitam dan Studi Kebijakan Jamaika yang tinggal di Boston, AS. Berikut petikan wawancaranya dengan Majalah Risalah NU di sela-sela acara Forum R20 ISORA di Hotel Park Hyatt, Jakarta, pada Senin, 27 November 2023.

Apa pendapat Anda tentang acara R20 ISORA ini?

Forum ini (R20 ISORA), menurut saya, ini sangat mengesankan bahwa begitu banyak otoritas agama berkumpul untuk membahas kebutuhan untuk menangani kekerasan yang terjadi di Israel dan juga untuk mengatasi kemunduran tatanan dunia pasca perang.

Hero Banner 1080 X 400

Jadi, bagaimana Anda akan membawa pesan dari forum ini ke negara Anda?

Itu pertanyaan yang sangat bagus. Kami, saya akan berpartisipasi dalam konferensi berikutnya yang akan diadakan di Amerika Serikat di Universitas Princeton. Saya rasa ini akan menjadi kesempatan untuk membawa pesan ini lebih jauh lagi. Ini akan menjadi efektif untuk konflik kedua yang direncanakan di sini.

Diharapkan forum R20 menjadi solusi untuk konflik-konflik di dunia?

Saya pikir itu benar-benar masih menjadi tantangan besar, karena itu benar-benar membutuhkan pemikiran strategis yang jelas. Bagaimana Anda menyatukan negara-negara di dunia dan yang mana saja? tidak memiliki daya tarik di Perserikatan Bangsa-Bangsa seperti yang dimiliki Rusia atau Cina atau Amerika Serikat.

Bagaimana Anda membentuk aliansi yang benar-benar dapat memberikan tekanan pada kekuatan dunia untuk bekerja demi perdamaian dan menyingkirkan apa yang dikatakan oleh salah satu pembicara hari ini, yaitu standar ganda, di mana kekuatan-kekuatan dunia ini tidak menjalankan peraturan yang sama dengan yang mereka terapkan untuk mengatur dunia? Saya pikir jika kita dapat menemukan cara untuk menekan kekuatan-kekuatan dunia, kita dapat menjadi efektif. Itu adalah tantangan besar.

Baca Juga :   75 Tahun Menderita, Kami akan Terus Berjuang

Pendapat Anda tentang konflik Palestina dan Israel?

Menurut saya, hal itu sangat memilukan. Saya pikir apa yang dilakukan Hamas tidak dapat dimaafkan dan tingkat teror dan kekerasan seperti itu harus dihentikan. Tapi saya juga berpikir bahwa tidak masuk akal bahwa Israel bersedia mengambil begitu banyak nyawa tak berdosa untuk mengejar Hamas.

Solusi di sana juga sangat sulit dan saya pikir di sinilah Amerika Serikat benar-benar dapat memainkan perannya. Jika Amerika Serikat dapat menekan Israel untuk benar-benar bergerak maju dengan solusi dua negara setelah Hamas disingkirkan dari kekuasaan.

Jadi, pertama, kita harus menyingkirkan Hamas dari kekuasaan dan kedua, kita harus bergerak menuju solusi dua negara. Saya pikir Amerika Serikat dapat memainkan peran di sana. Sayangnya, mereka hanya mendukung Israel. Tanpa cukup kritis terhadap apa yang mereka lakukan.

Bagaimana jika Israel tidak menerima solusi dari kita?

Saya pikir di situlah Amerika Serikat memiliki kemampuan untuk memberikan tekanan karena mereka menyediakan senjata kepada Israel dan bentuk dukungan lainnya. Dan saya pikir sangat mungkin bagi Amerika Serikat untuk memberikan tekanan pada Israel untuk memberikan mereka insentif untuk menerima solusi tersebut.

Namun, pada akhirnya, Israel adalah negara yang berdaulat. Tidak ada yang bisa memaksa mereka. Saya tidak. Jelas, Amerika Serikat tidak akan berperang dengan Israel.

Apa harapan Anda dari forum R20 ini?

Jadi harapan saya adalah bahwa kita dapat memikirkan strategi untuk melakukan apa yang saya sebutkan sebelumnya, memberikan tekanan pada PBB, pada kekuatan-kekuatan dunia untuk benar-benar menjalankan grafik Perserikatan Bangsa-Bangsa. Itulah harapan saya. (Anisa/Yudo)

Leave A Reply

Your email address will not be published.